Pengrajin Kayu Pasti Akan Menggunakan Jenis Material Kayu Populer Ini

Pengrajin kayuApakah anda sudah tahu jenis kayu apa saja yang sering digunakan untuk membuat furniture. Tentu saja ada banyak pilihannya bukan dan bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Bagi anda yang belum tahu jenis material kayu yang digunakan para pengrajin kayu itu apa saja. Maka anda bisa memperhatikan beberapa penjelasan kami mengenai jenis material kayu tersebut. Ini dilakukan supaya jika anda ingin membuat furniture di jasa pembuatan kerajinan kayu. Maka anda bisa memilih sendiri jenis bahan yang terbaik supaya hasil pembuatan furniture tersebut juga memuaskan.

Pengrajin kayu

Inilah Berbagai Jenis Kayu Yang Digunakan Pengrajin Kayu Untuk Membuat Furniture

Mengingat pentingnya fungsi dari kayu dalam sebuah bangunan. Khususnya untuk pembuatan furniture, maka beberapa jenis kayu yang memiliki kualitas terbaik akan kami jelaskan dibawah ini.

  • Kayu jati

Tentu saja sudah banyak yang mengetahui jenis kayu ini. Jenis kayu ini berwarna cokelat agak kekuning-kuningan dan banyak ditemukan di pulau Jawa maupun Sulawesi. Meskipun ada di Sumatera dan juga Kalimantan. Akan tetapi jenis kayu ini tidak bisa tumbuh secara maksimal. Sebab kandungan tanah di kedua pulau tersebut memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Jenis kayu ini bisa dikatakan sebagai salah satu jenis kayu kualitas premium. Kayu ini butuh waktu hingga puluhan tahun untuk bisa digunakan sebagai bahan furniture. Bahkan faktor usia juga mempengaruhi harga dari kayu tersebut jadi semakin mahal. Selain itu karena faktor supply and demand ada banyak yang cari tetapi stok nya terbatas.

  • Kayu mahoni

Jenis kayu ini memang sebagai salah satu bahan baku utama pembuatan mebel. Kayu mahoni menjadi idola di luar negeri. Khususnya negara eropa yang banyak menggunakan bahan ini untuk dijadikan mebel maupun furniture. Kayu mahoni memiliki serat yang lebih halus apabila dibandingkan dengan kayu jati. Memiliki pori-pori yang kecil, jadi produk furniture yang dihasilkan juga sangat halus. Warna dari kayu ini agak kemerah-merahan pada bagian dalam. Bahkan pada bagian luar berwarna cokelat.

  • Kayu trembesi

Jenis kayu ini biasa digunakan sebagai peneduh jalan. Bahkan mampu hidup dalam daerah yang minim air maupun panas. Memiliki pertumbuhan yang relatif lebih cepat apabila dibandingkan dengan jenis pohon lainnya. Maka dari itu, sering kita jumpai ukuran kayu yang besar tidak seperti kayu jati. Biasanya digunakan untuk membuat furniture yang konstruksi nya mendukung.

  • Kayu jati belanda

Harga dari kayu ini memang relatif lebih terjangkau dari kayu jati asli. Serat yang dimiliki kayu tersebut bagus. Terlihat lebih menonjol jelas dan menarik. Tidak heran jika terlihat indah jika digunakan sebagai produk mebel. Dengan catatan, finishing nya menggunakan warna natural. Jadi jangan warna solid. Untuk ketahanan dari kayu ini juga cenderung tahan lama. Sebab minyak alami dari kayu pinus tidak disukai serangga atau hama kayu.

  • Kayu sungkai

Biasanya kayu ini digunakan untuk pembuatan bahan bangunan seperti jendela, pintu sampai dengan konstruksi rangka atap.

Itulah berbagai jenis kayu yang sangat sering digunakan jasa pengrajin kayu untuk membuat furniture. Memang tidak hanya itu saja jenis-jenis kayu tersebut. Karena memang masih ada banyak lagi jenis kayu yang biasa digunakan. Anda bisa memilih sendiri mau menggunakan kayu yang seperti apa. Pastikan untuk tidak hanya tergiur dengan penawaran harga murah tetapi salah dalam memilih kayu tersebut.