Kenali Jenis-Jenis Kayu Untuk Furniture Yang Digunakan Pengrajin Kayu

Pengrajin kayuKarena beragamnya jenis kayu yang ada di Indonesia. Maka untuk mengkaji berbagai aspek mengenai klasifikasi kayu dan sifat-sifat kimia, fisika dan juga mekanik kayu dalam berbagai kondisi. Dibuatlah suatu disiplin ilmu tersendiri mengenai ilmu perkayuan. Namun secara umum, berikut ini akan kami jelaskan berbagai jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat kayu. Anda pastinya sudah tahu bukan bahwa jenis untuk membuat furniture itu ada banyak sekali jenisnya. Tentu saja bisa disesuaikan dengan keinginan dan juga kebutuhan setiap furniture yang akan dikerjakan. Jika anda ingin tahu jenis-jenis dari kayu itu apa saja. Maka anda bisa memperhatikan dulu berbagai penjelasan kami mengenai jenis-jenis bahan untuk membuat furniture.

Pengrajin kayu

Inilah Berbagai Jenis Kayu Yang Sering Digunakan Untuk Membuat Furniture

Dari ribuan jenis kayu yang ada di dunia. Memang beberapa diantaranya memiliki keunggulan lebih dari yang lainnya apabila digunakan untuk membuat sebuah lemari, kursi, ranjang maupun berbagai perabot rumah tangga lainnya. Lalu apa saja jenis kayu tersebut dan seperti apa kualitasnya. Anda bisa simak dulu penjelasan kami dibawah ini, seperti:

  • Kayu jati

Perlu anda ketahui bahwa jenis kayu ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat furniture. Kayu jati dikenal dengan kayu berkualitas tinggi dan banyak diminati. Biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan furniture. Tidak hanya itu, kayu jati ini terkenal keawetan nya dan pastinya tahan lama dari serangan rayap. Sebab kandungan minyak alami di dalam kayu jati. Jenis kayu ini termasuk dalam kayu keras. Sehingga membuatnya lebih mudah rusak apabila terkena benturan. Jika dinilai dari segi warnanya, jenis kayu ini memiliki tampilan yang tidak begitu terang. Kandungan minyak alami yang ada di dalam kayu jati memang membuatnya sangat cocok untuk finishing solid warna cerah.

  • Kayu merbau

Jenis kayu yang satu ini memang memiliki warna cokelat kemerahan. Bahkan jenis kayu ini juga sering dijadikan sebagai alternatif untuk membuat furniture selain bahan kayu jati. Kayu ini sendiri memiliki tingkat kekerasan dan kepadatan yang memiliki grade di bawah kayu jati. Tidak hanya itu saja, jenis kayu ini juga tahan terhadap cuaca maupun serangga. Karena alasan inilah, ada banyak orang yang melirik jenis kayu ini untuk dijadikan bahan perabotan rumah tangga.

  • Kayu pinus

Jenis kayu pinus ini memang sering digunakan untuk membuat berbagai jenis furniture. Karena harganya yang cukup terjangkau. Penampilan kayu pinus ini sendiri cenderung terang dan mudah ditimpa dengan warna lain. Tidak hanya itu saja, jenis kayu pinus ini juga memiliki berat yang cenderung ringan. Dengan begitu, membuatnya tidak sekuat dengan kayu jati.

  • Kayu mahoni

Selanjutnya ada kayu mahoni yang memiliki serat kayu yang halus dan juga beragam. Dengan karakteristiknya ini, jenis kayu tersebut sering tampil dengan gaya natural dan juga klasik. Yang pasti menggoda di tiap perabot yang ada.

Nah itulah berbagai jenis kayu yang sangat sering digunakan untuk memproduksi furniture. Para pengrajin kayu memang memiliki banyak pilihan kayu yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Anda pasti menginginkan kayu yang benar-benar berkualitas unggul bukan. Sehingga hasil pembuatan furniture yang akan didapatkan nantinya juga memuaskan. Tentunya anda juga harus memahami jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat furniture tersebut. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan kayu yang benar-benar berkualitas serta tahan lama.