Jenis Bahan Yang Digunakan Pengrajin Kayu Untuk Bikin Kusen Jati

pengrajin kayu

Setiap konsumen yang memiliki keinginan untuk melakukan pemesanan kayu di pengrajin kayu. Sudah pasti memiliki keinginan untuk mendapatkan harga kusen yang murah bukan. Akan tetapi memang tidak sedikit jasa pengrajin yang juga memberikan harga mahal kepada konsumennya. Setiap konsumen yang memang baru pertama kali melakukan pemesanan kusen jati ini. Sudah pasti memiliki keinginan juga untuk memperoleh harga yang murah. Hal ini cukup wajar mengingat konsumen di sini tidak hanya ingin mendapatkan harga murah saja. Akan tetapi juga menginginkan kusen yang berkualitas. Dengan penawaran harga yang murah ini, sudah pasti membuat konsumen ini pun banyak tertarik.

3 Jenis Bahan Yang Digunakan Pengrajin Kayu Untuk Bikin Kusen Jati

Dalam proses membangun sebuah rumah ini. Sudah pasti memang ada banyak hal yang memang perlu anda pertimbangkan dengan baik. Agar rumah yang anda bangun ini pun sempurna. Selain itu sesuai dengan keinginan para pemilik rumah. Yakni mulai dari bahan material, biaya kontraktor, biaya jasa desain, biaya tenaga dll. Apalagi untuk kusen ini sendiri menjadi benda yang cukup vital. Terutama dalam membangun sebuah rumah. Selain itu kusen ini juga banyak digunakan untuk perumahan, kantor, hotel dll. Fungsi dari kusen ini sendiri dipergunakan untuk meletakkan daun pintu atau jendela sebagai tempat untuk keluar masuk. Berikut ini jenis kayu jati yang digunakan untuk bikin kusen diantaranya:

  1. Belanda

Untuk jenis bahan kusen yang pertama di pengrajin kayu ini ada kayu belanda. Dimana jenis bahan kusen ini sendiri memang terbuat dari kayu jati namun bukan asli. Melainkan kayu pinus. Dimana jenis kayu ini sendiri sering dipergunakan sebagai alternatif yang membuat mebel atau furniture bukan. Dengan biaya yang memang cukup terjangkau. Selain itu jika anda di sini menggunakan kayu jati belanda sebagai salah satu bahan material nya. Maka anda bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan cukup memuaskan.

  1. Perhutani

Untuk jenis bahan kusen kedua ini memang cukup spesial. Dimana jenis bahan jati ini memang dibudidayakan oleh perhutani. Untuk masa tumbuh kayu ini sendiri memang sedikit lebih lama. Yakni mulai dari 20 tahun hingga ratusan tahun dan bisa di tebang. Sebelum di tebang maka harus di seleksi dahulu. Hal ini memang dilakukan untuk memastikan kayu ini memang sesuai dengan standar atau belum. Sehingga di sini tidak heran jika harga kusen ini cenderung lebih mahal. Dikarenakan kayu perhutani ini sendiri memiliki kelebihan serat kayu padat. Sehingga wajar jika bahan kayu ini lebih tahan lama. Selain itu juga kayu ini memiliki diameter besar.

  1. Emas

Untuk jenis bahan yang ketiga dalam pembuatan kusen ini ada kayu emas. Dimana jenis bahan yang satu ini memiliki batang lurus dan menjadi favorit. Oleh banyak para pengrajin mebel saat ini. Dikarenakan batang yang lurus ini maka pihak pengrajin ini pun bisa lebih mudah. Dalam membuat berbagai macam mebel. Usia tumbuh bahan kayu ini pasti lebih cepat dibandingkan dengan jenis kayu jati yang lain. Yakni dalam waktu 7 – 15 tahun saja. Sehingga akan siap di tebang untuk kemudian dijadikan produk mebel atau furniture rumah tangga.

Selain 3 jenis bahan kayu di atas, anda juga bisa menggunakan kayu jati jenis rakyat. Dimana jenis bahan ini bisa tumbuh selama 15 – 25 tahun. Dimana siap di tebang dan digunakan untuk pembuatan kusen. Memiliki pori – pori yang cukup padat.