Inilah Mengenal Jenis – Jenis Material Untuk Furniture Di Jasa Pengrajin Kayu     

Jasa Pengrajin Kayu

Pengrajin kayu – Pada saat kita ini akan untuk bikin furniture biasanya jasa produsen ini akan menawarkan beberapa pilihan bahan material. Untuk pemilihan material ini pun akan selalu membuat bingung serta bimbang dalam memutuskan pilihan. Jujur saja kita saat ini tidak banyak mengerti untuk semua istilah. Dikarenakan memang baru kali pertama ini terkait istilah – istilah yang digunakan. Hal ini dikarenakan sebelum kita memilih dan menentukan material yang digunakan. Ada baiknya anda di sini mencari tahu terlebih dahulu akan istilah – istilah ini.

4 Jenis Material Untuk Furniture Di Jasa Pengrajin Kayu

Memilih bahan material untuk furniture pastikan memilih dengan baik. Hal ini juga berhubungan dengan kenyamanan dan sisi keuangan yang lebih hemat. Alasannya ini adalah jika material furniture ini digunakan merupakan bahan yang awet. Maka perusahaan ini tidak sering – sering mengeluarkan dana. Untuk mengganti peralatan furniture kantor. Dan berikut ini ada bahan material untuk furniture di jasa pengrajin kayu diantaranya:

  1. Kayu solid – kayu utuh

Sesuai dengan namanya, untuk kayu solid ini sendiri menggunakan bahan baki kayu utuh. Sehingga akan lebih kuat dan lebih kokoh. Jika dibandingkan dari kayu olahan. Sebanding dengan kualitasnya. Maka furniture dengan menggunakan kayu yang solid ini harganya sangat mahal. Jensi kayu yang banyak digunakan untuk furniture ini biasanya kayu jati sungkai. Kayu jati ini di pilih karena memiliki urat kayu yang cantik. Sehingga bagus untuk di expose atau di tonjolkan.

  1. Layered

Untuk jenis kayu lapis ini merupakan hasil perek atan. Yakni dari beberapa lembaran kayu triplek, multiplek dengan tekanan yang tinggi. Kayu model lapis ini sendiri memiliki beberapa jenis ketebalan plywood menentukan kekuatan furniture tersebut. Untuk kayu lapis ini sendiri terdiri dari 3 lembar kayu yang di sebut triplek. Untuk harga plywood ini pasti lebih murah daripada kayu solid.

  1. Teakblock

Untuk bahan kelompok multiplek ini dimana lapisan terluarnya adalah kayu jati. Akan tetapi di bagian dalam kayu lunak ini. Jenis bahan furniture teakblock ini. Hanya akan menonjolkan pola kayu pada lapisan luarnya yang biasanya menggunakan lapisan kayu jati. Untuk teakblock ini digunakan untuk industri mebel di Indonesia. Untuk material ini memang tersusun oleh potongan kayu yang di bungkus kayu tipis. Harganya ini pun cukup terjangkau, sehingga banyak menganjurkan untuk digunakan oleh kebanyakan pengrajin.

  1. Blockboard

Untuk balok – balok kayu ini dengan ukuran 4 cm – 5 cm. Jika memang dipadatkan untuk menggunakan mesin. Setelah itu di beri pelapis. Sehingga hasil akhir berupa lembaran seperti papan kayu ini. Untuk blockboard ini terdiri dari 3 lapisan. Karena memang terbuat dari potongan – potongan kayu ini blockboard ini ketebalan sangat terbatas. Seringkali paling tipis adalah dengan ketebalan 15mm. Blockboard ini banyak digunakan dalam pembuatan furniture untuk di dalam ruangan.

Selain 4 jenis material di atas. Anda bisa menggunakan bahan MDF. Bahan ini berasal dari serbuk – serbuk kayu halus yang dipadatkan. Lalu kemudian di press pada tekanan tinggi. Karena memang terbuat dari sisa – sisa kayu, maka harga ini pun relatif lebih murah. Jika dibandingkan dengan jenis kayu yang dibahas di atas. Kayu MDF ini sendiri merupakan material kayu olahan yang tidak tahan terhadap air dan kelembaban. MDF ini juga sering digunakan untuk furniture mass production dengan sistem knock down.