Jenis-Jenis Bentuk dan Desain Kitchen Set yang Ada

kitchen set jati belanda Jogja

Setiap rumah pastinya memiliki dapur untuk memasak, dan dapur-dapur di tiap-tiap rumah ini pun pastinya berbeda-beda. Ada yang sudah menggunakan dapur kabinet, tetapi ada dapur yang masih lama. Hampir sebagian orang ingin memiliki dapur yang luas supaya mereka bisa lebih leluasa saat memasak.  Namun untuk rumah minimalis, tentunya tidak bisa membuat dapur yang luas. Untuk Anda yang ingin memiliki dapur bersih, maka kitchen set menjadi pilihan. Secara umum kitchen set merupakan dapur modern. Yang terdiri dari perangkat dapur berbentuk kabinet untuk dipakai menyimpan alat rumah tangga, khususnya perlengkapan dapur.

6 Bentuk & Desain Kitchen Set

Untuk bentuk dan kitchen set sendiri ada banyak macamnya. Bahkan ada kombinasi dari 2 – 3 desain dan bentuk kitchen set yang ada. Namun yang banyak dipakai adalah bentuk adaptasi dari ruangan dapur itu sendiri. Berikut ini beberapa bentuk dan desain kitchen set yang ada.

  • Single Line

Untuk kitchen set ini cocok untu yang mengadopsi gaya dapur ideal minimalis dengan ukuran dapur sekitar 2.5×2.5m. Bentuk kitchen set single line ini seperti garis lurus dan merapat pada satu dinding ruangan dapur. Kelebihan dari kitchen set ini adalah bisa hemat tempat, karena memang di desain untuk ukuran dapur lebih kecil.

  • Double Line

Merupakan kitchen ket yang dikembangkan dari kitchen set single line. Kitchen set double line ini memiliki bentuk garis lurus dengan salah satu atau keduanya merapat pada dinding. Tempat kitchen sink dan kompor diletakkan pada kabinet berbeda. Bentuk kitchen set ini sangat berguna bagi yang ingin memisahkan area antara dapur kering dan dapur basah. Namun karena bentuknya, kitchen set double line ini membutuhkan dapur yang lebih luas dibandingkan menggunakan dapur single line.

  • Kitchen Set L

Sama seperti namanya, kitchen set ini memiliki bentuk huruf L. Dimana kitchen set ini banyak dipakai pada dapur zaman sekarang. Ini dikarenakan kitchen set L dianggap lebih nyaman ketika dipakai. Area storage seperti kulkas diletakkan cukup berjauhan dengan area memasak atau kompor. Sedangkan diantara keduanya ada kitchen sink yang dipakai untuk mencuci perkakas dapur atau bahan makanan untuk dimasak. Jika ingin menggunakan kitchen set ini maka membutuhkan area dapur lebih luas.

  • Kitchen Set U

Jika ingin menggunakan kitchen set U ini maka membutuhkan ruang yang cukup luas. Umumnya kitchen set ini dipakai oleh rumah atau apartemen dengan tipe medium ke atas. Area dapur kering dan basah bisa dipakai dengan baik untuk tipe kitchen set ini. Jadi aktifitas di dapur bisa lebih efisien dan efektif, serta nyaman. Kitchen set U ini banyak didesain untuk menampilkan dapur mewah.

  • Kitchen Set G

Desain dan bentuk kitchen set tipe ini mampu memberikan kenyamanan dan kemewahan yang hampir sama dengan kitchen set U. Namun jika area dapur kurang luas, maka akan menjadi kendala ketika ingin membuka laci atau pintu kabinet.

  • Kitchen Set Island Shaped

Sesuai dengan namanya, bentuk kitchen set ini memang seperti pulau yang berada ditengah-tengah ruangan. Furniture kitchen set ini mengelilingi empat sisi dinding dan satu set meja makan berada di tengah area dapur. Meja yang berada di tengah ini fungsinya beragam. Kitchen set ini populer di rumah-rumah Eropa & Amerika Serikat yang memiliki ruangan luas. Untuk kitchen set ini pun bergabung dengan ruang makan.

  • Kitchen Set Koridor

Untuk ruang yang memiliki bentuk persegi, koridor atau apartemen. Kitchen set koridor memang menjadi pilihan tepat. Layout desain bisa diletakkan pada dua sisi dinding yang saling berhadapan. Dapur model ini termasuk efisien karena area kerja dapur terbagi menjadi dua area yang saling berhadapan. Anda bisa menata bagian dapur menjadi dua bagian, satu untuk masak dan satu lagi untuk penyimpanan. Contohnya, bak cuci dan kompor, sementara kulkas dan area penyimpanan ada di sisi seberang. Semua bisa dikombinasikan sesuai selera serta kebutuhan.

Perlengkapan Kitchen Set Minimalis yang Harus Dihindari

Dengan menempatkan kitchen set di area dapur, tentunya hal ini akan membuat dapur menjadi lebih rapi. Untuk Anda yang membuat kitchen set minimalis karena area dapur terbatas. Berikut ini terdapat beberapa perlengkapan yang harus dihindari agar tidak membuat dapur sempit.

  • Peralatan dengan Satu Fungsi

Jika Anda memiliki perlengkapan dapur yang hanya satu fungsi, ada baiknya jika dihindari. Ini dikarenakan tidak efisien dan akan memakan tempat ketika disimpan di kitchen set. Diantaranya ada toaster, pembuat kopi, mesin penggiling kopi, mesin pengocok susu, pasta maker, juicer dan perlengkapan lainnya. Apabila memang harus mempunyai salah satu diantaranya, pastikan untuk memilih peralatan dapur yang sering dipakai.

  • Mesin Es Krim

Anda bisa menyingkirkan peralatan dapur yang satu ini. Untuk mesin es krim ini sendiri ukurannya besar, jadi memakan banyak tempat untuk dapur minimalis. Apabila ingin memakan es krim, solusinya bisa dengan membeli dari toko.

  • Oven Microwave

Untuk perlengkapan dapur yang satu ini pun termasuk ke dalam salah satu peralatan dapur yang harus dihindari karena ukurannya. Akan tetapi apabila oven microwave ini sering dipakai, maka tidak apa-apa jika tetap dipertahankan.

  • Stand Mixer

Sering memanggang kue atau membuat adonan? Ada baiknya jika Anda menggunakan hand mixer untuk menggantikan stand mixer untuk dapur minimalis modern. Ukuran stand mixer akan menyita banyak tempat apabila disimpan di kitchen set minimalis. Jika mengganti stand mixer ke hand mixer, tentunya akan menghemat ruang di kitchen set.

  • Mesin Pemanggang Roti atau Bread Maker

Jenis peralatan dapur yang satu ini wajib untuk dikeluarkan dari dapur minimalis Anda. Bukan hanya karena ukurannya yang besar, namun pemakaiannya juga terbilang jarang.

Perlengkapan Kitchen Set Dapur Minimalis yang Harus Dimiliki

Jika beberapa poin diatas adalah mengenai perlengkapan dapur yang harus disingkirkan dari kitchen set minimalis. Maka perlengkapan dibawah ini adalah yang harus dimiliki oleh kitchen set dapur minimalis.

  • Peralatan Dapur Besar

Untuk peralatan dapur besar yang dimaksud ini adalah kulkas, mesin pencuci piring, kompor gas atau kompor listrik, cooker hood, dan oven. Semua peralatan ini tentunya sudah dimatangkan penempatannya saat desain ruang dapur minimalis. Jika ada salah satu yang lupa pastinya akan membongkar dan bisa menambah biaya yang tidak perlu.

  • Macam Pisau & Talenan

Anda pun juga membutuhkan pisau dan talenan untuk memudahkan dalam memasak. Tempatkan pisau pada laci penyimpanan tersendiri. Ini dimaksudkan supaya tidak tercampur dengan peralatan dapur lain dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Misalnya tergores saat mencari pisau atau kejadian yang lainnya.

  • Peralatan Satu Fungsi

Hampir semua peralatan dengan satu fungsi memang harus dihindari, namun dengan catatan peralatan satu fungsi lain wajib dimiliki. Diantaranya adalah rice cooker atau magic com, food processor, dan panci presto. Semua peralatan tersebut bisa digunakan dan disimpan di lemari dapur supaya tidak berantakan.