PROSES PEMBUATAN FURNITURE OLEH PERUSAHAAN PABRIK FURNITURE DI YOGYAKARTA

Perusahaan furniture di Yogyakarta, pabrik furniture di Yogyakarta sudah ada dimana – mana. Sehingga untuk menemukan sudah bukan hal yang sulit lagi untuk dilakukan. Berbagai sumber informasi terbaik bisa anda peroleh dengan mudah di zaman yang semakin modern ini. Dimana biasanya calon konsumen akan mencari – cari info mengenai perusahaan furniture di Yogyakarta ini melalui media online. Dimana media online ini dengan segala akses kemudahannya membuat banyak orang bisa mendapatkan banyak info. Termasuk info mengenai pabrik furniture di Yogyakarta ini. Namun sebelum anda melakukan kerja sama dengan layanan perusahaan furniture di Yogyakarta tersebut. Tentunya sebelum melakukan pemesanan, harus memastikan beberapa hal. Seperti mempertimbangkan dengan baik mengenai pengalaman produksi furniture tersebut. Jika pabrik furniture di Yogyakarta tersebut sudah berpengalaman, maka untuk hasil produksinya sudah pasti memuaskan. Sebenarnya untuk mengetahui apakah pabrik furniture tersebut berpengalaman atau tidak sebenarnya sudah bukan hal yang sulit. Dimana anda bisa melihat dari segi banyaknya konsumen yang telah melakukan pemesanan furniture di tempat tersebut. Jika konsumen yang melakukan pemesanan furniture tersebut banyak. Maka untuk pengalaman dari pabrik furniture ini sudah teruji. Selain itu sebagai pembeli anda harus tahu bagaimana pelayanan yang telah diberikan oleh pabrik furniture tersebut. Sudah pasti konsumen yang ingin melakukan pemesanan, ingin mendapatkan pelayanan yang baik.

Ada 9 Proses Produksi Furniture Di Perusahaan furniture Di Yogyakarta

Untuk sebagian masyarakat tentu tidak akan asing lagi dengan namanya furniture. Walaupun furniture ini memang memiliki arti yang beda dengan mebel. Namun tetap saja keduanya sama – sama dikaitkan dengan benda yang ada di dalam rumah. Ketika anda memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan pabrik furniture di Yogyakarta. Sudah pasti ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemesanan di pabrik tersebut. Salah satunya berkaitan dengan bahan material yang akan digunakan untuk membuat furniture tersebut. Biasanya pembuatan furniture ini menggunakan bahan material kayu. Dimana kayu ini memiliki banyak sekali jenis. Salah satunya jenis kayu jati, kayu sengon, kayu mahoni dll. Setelah itu anda harus memperhatikan jenis furniture mana yang akan hendak dipilih. Perusahaan furniture di Yogyakarta bisa membuat berbagai furniture sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Seperti lemari, kursi, rak, meja, dan lain – lain. Jika anda memang ingin berkunjung ke pabrik furniture di Yogyakarta tentu saja bisa melihat bagaimana proses produksinya. Mungkin bagi anda memang terlihat simple, namun sebenarnya proses ini tidak mudah.  Hanya orang – orang dari perusahaan furniture di Yogyakarta yang berpengalaman yang bisa memproduksi furniture sesuai permintaan. Maka dari itu sangat disarankan untuk memilih pabrik yang berpengalaman dan terpercaya.

Dengan begitu hasil furniture yang anda dapatkan berkualitas dan tahan lama. Keseluruhan proses produksi yang dilakukan oleh pabrik furniture di Yogyakarta ini tingkat kepentingannya berbeda-beda. Dan begini proses produksinya.

  1. Kayu atau Logs

Untuk kayu yang masih berbentuk bulat dengan diameter antara 25 – 28cm (tergantung dari jenis kayu yang digunakan) belum melalui proses apapun. Kecuali tindakan untuk mencegah retak pada ujung log. Kayu log tersebut kemudian di gergaji untuk mendapatkan papan dan balok sesuai kebutuhan.

  1. Pemotongan kayu

Pembelahan kayu log yang sedemikian rupa supaya bisa dikeringkan dengan mudah menggunakan alat pengering kayu. Perusahaan furniture di Yogyakarta ini akan memotong kayu disesuaikan dengan ukuran ruang pengering kayu serta furniture yang dipesan konsumen.

  1. Kayu dikeringkan

Setelah dipotong-potong, maka kayu akan dikeringkan. Karena jika tidak dikeringkan, maka kayu tersebut bisa berubah bentuk tergantung kadar air di dalam kayu. Untuk metode pengeringan kayu yang dilakukan oleh perusahaan furniture di Yogyakarta ini pun berbeda-beda. Namun tetap memiliki standar pengeringan tersendiri.

  1. Pembahanan dasar

Kayu yang ideal untuk dibelah dan dipotong adalah pas sudah kering. Proses ini pun dilakukan di ruang pembahanan. Pada proses ini kita harus benar-benar mengetahui ukuran tepat komponen untuk furniture. Sehingga pada pengaturan rendemen dan serat kayu sesuai dengan posisi komponen bisa diatur dengan benar. Selain itu perusahaan furniture di Yogyakarta juga melakukan pemeriksaan kualitas kayu untuk mengetahui cacat alami kayu.

  1. Proses konstruksi

Diawali dari menyerut kayu untuk menghasilkan permukaan halus, kemudian memotong sisi panjang sebagai ukuran jadi. Sampai pembuatan lubang konstruksi merupakan proses paling panjang yang dilakukan oleh perusahaan furniture di Yogyakarta. Beberapa bagian furniture pun seringkali melalui proses yang sama secara berulang. Untuk proses konstruksi-nya adalah membuat lubang dowel, pembuatan tenon dan mortise. Selanjutnya alur & takikan, pinggul pada ujung kayu dan masih banyak lainnya.

  1. Proses Pengamplasan

Apabila pabrik furniture di Yogyakarta selesai membuat konstruksi, maka selanjutnya adalah melakukan pengamplasan. Pada proses ini menggunakan grit amplas dan dilakukan secara bertahap. Tentunya untuk tahap ini seharusnya sudah tidak ada yang namanya cacat kayu pecah, retak, atau warna. Sebab hal ini seharusnya sudah dilakukan ketika proses konstruksi.

  1. Lakukan perakitan

Tahap ini tentunya disesuaikan dengan furniture yang anda pesan. Apabila anda memesan furniture knock down atau lepasan, maka perakitan bisa dilakukan setelah finishing. Berbeda dengan pintu atau laci tentunya perlu dirakit terlebih dahulu oleh pabrik furniture di Yogyakarta. Jika semua bagian yang harus dirakit sudah disetel dengan baik. Maka proses pengamplasan bisa dilanjutkan setelah finishing.

  1. Proses Finishing

Kesalahan konstruksi seharusnya sudah dikerjakan oleh pabrik furniture di Yogyakarta ketika memasuki tahap ini. Finishing menjadi hal terakhir pada proses pembuatan furniture. Dengan melakukan finishing ini tentunya akan membuat furniture menjadi lebih menarik dan indah tentunya.

  1. Pemasangan pada perlengkapan

Perlengkapan yang dimaksud ini berupa engsel, kunci dan pegangan. Pabrik furniture di Yogyakarta biasanya akan melakukan pemasangan ini setelah proses finishing selesai. Ini dilakukan untuk menjaga kualitas material menjadi lebih baik. Sebelum melakukan proses finishing akan lebih baik jika ditutup dengan plastik ketika melakukan finishing.

Perusahaan Furniture Di Yogyakarta Yang Berpengalaman

Dengan adanya beberapa proses untuk pembuatan furniture ini perlu anda tahu guna menambah wawasan anda. Apalagi anda memiliki rencana memesan furniture dalam jumlah banyak. Maka sebaiknya bekerja sama dengan pabrik furniture di Yogyakarta yang berpengalaman. Yakni pengrajinkayujogja.com. Kami bisa menyediakan material kayu jati terbaik yang bisa dipilih sendiri oleh konsumen. Selain itu konsumen pun akan mendapatkan banyak keuntungan terbaik jika memesan furniture di Arkana jati. Misalnya dari segi pelayanan yang terbaik dari awal pemesanan sampai selesai produksi. Konsumen pun bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan furniture. Biasanya konsultasi ini dilakukan untuk mematangkan konsep desain furniture seperti apa yang akan digunakan. Juga untuk memilih material bahan pembuatan, finishing dan masih banyak lainnya. Dari segi harga produksi pun terbilang terjangkau dan bisa menyesuaikan dengan anggaran awal. Jadi konsumen tidak akan merogoh anggaran besar jika ingin memesan furniture untuk kebutuhan rumah. Proses pengerjaan furniture pesanan konsumen pun dikerjakan oleh tenaga ahli yang berpengalaman. Dengan begitu furniture yang dihasilkan pun benar-benar maksimal dan sesuai keinginan. Jadi jangan ragu menjadikan Arkana Jati sebagai pabrik furniture di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan kami melalui WhatsApp