Jenis Kayu Yang Biasa Digunakan Pengrajin Kayu

Pengrajin kayuSudah bukan rahasia lagi jika tren desain interior maupun fashion seakan memiliki siklus tersendiri. Dahulu berbagai kerajinan dari kay, baik itu furniture, pajangan maupun aksesoris dianggap jadul dan ketinggalan zaman. Akan tetapi, saat ini kerajinan tersebut malah muncul kembali ke permukaan dan bahkan banyak diminati masyarakat. Tidak hanya itu saja, produk kerajinan dari kayu ini juga sudah berevolusi menjadi lebih kreatif dan lebih luas. Tentu saja kreasi ini tetap terlihat estetik, natural dan vintage. Selain itu, jika dibandingkan dengan produk yang terbuat dari plastik. Kerajinan ini memang memiliki kesan yang lebih alami serta kuat. Ada banyak sekali pengrajin yang masih betah memilih kayu sebagai bahan untuk memproduksi berbagai jenis kerajinan dengan nilai jual sangat tinggi. Tergantung dari tingkat kesulitan dan jenis kayu yang digunakan. Produk kerajinan kayu bisa di banderol dengan harga terjangkau atau bahkan ratusan juta.

Pengrajin kayu

Inilah Berbagai Jenis Kayu Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Kerajinan Kayu

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa jenis dari kayu yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan kayu ada banyak jenisnya. Berikut ini adalah berbagai jenis kayu yang sering digunakan, seperti:

  • Jati

Memang bahan kayu satu ini umum ditemukan di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kayu ini dijuluki sebagai rajanya kayu bukan tanpa alasan. Bahkan jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Kayu jati memang memiliki daya tahan yang terbaik dan lebih tahan lama. Sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai bahan furniture maupun perabotan di rumah. Dengan warna dasar cokelat muda. Kayu ini memiliki serat yang lurus dan memiliki tekstur sedikit kasar. Kayu jati juga sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat mebel.

  • Pinus atau jati Belanda

Meskipun tidak sekuat jati, kayu pinus jati Belanda ini juga di gadang-gadang sebagai jenis kayu yang paling banyak disukai. Alasannya karena kayu pinus tersebut memiliki bobot yang tergolong ringan. Bahkan kayu ini di banderol dengan harga terjangkau. Dengan warna terang dan mudah ditimpa warna. Membuat jenis kayu ini banyak dijadikan sebagai kerajinan estetik dan perabot minimalis.

  • Mahoni

Selayaknya kayu jati, jenis kayu mahoni juga menjadi jenis kayu yang umumnya dijadikan sebagai bahan untuk membuat mebel, alat musik dan lain sebagainya. Alasannya karena jenis kayu ini memiliki daya tahan dan keawetan yang cukup tinggi. Meskipun begitu, jenis kayu ini memerlukan perawatan yang lebih terjaga. Karena tidak terlalu tahan dengan serangan rayap.

  • Trembesi

Selain itu, ada pula kayu trembesi yang sangat identik dengan warna putih yang apik pada bagian pinggirannya. Bahkan warnanya cokelat pada bagian tengahnya. Kayu trembesi ini biasanya dijadikan sebagai bahan untuk membuat meja maupun jenis furniture lainnya.

  • Akasia

Bahan ini memiliki warna kecokelatan. Bahkan memiliki serat menarik dan proses pengolahan yang mudah. Kayu ini dianggap sebagai jenis kayu yang sangat mirip dengan kayu jati.

Itulah berbagai jenis bahan kayu yang sering digunakan untuk membuat kerajinan kayu. Perlu anda ketahui bahwa bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tersebut dapat mempengaruhi kualitasnya. Maka dari itu, akan lebih baik jika anda memilih bahan yang benar-benar berkualitas terbaik. Dengan begitu, kerajinan kayu tersebut nantinya akan memberikan hasil memuaskan. Beberapa ulasan yang kami sampaikan diatas semoga membantu anda mendapatkan informasi mengenai bahan pembuatan kerajinan kayu.