7 Jenis Kayu Terbaik Untuk Dijadikan Furniture Oleh Pengrajin Kayu

Pengrajin kayuKayu Adalah salah satu jenis bahan dasar yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Terutama untuk kebutuhan furniture. Seperti halnya lemari anak dan juga rak dinding. Setiap jenis kayu memang memiliki karakteristik tersendiri. Yang pada akhirnya bisa memberikan kehangatan yang berbeda-beda. Selain itu juga dapat menambah estetika interior secara keseluruhan. Nah, untuk anda yang ingin tahu seputar jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan dasar furniture. Maka di artikel kami akan menyiapkan berbagai informasi mengenai jenis kayu furniture yang sangat lengkap untuk anda.

Pengrajin kayu

Jadi Itulah Berbagai Jenis Kayu Terbaik Untuk Membuat Furniture

Seperti yang sudah diketahui bahwa jenis dari kayu itu ada banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Jika anda merasa tertarik untuk membuat furniture dari kayu. Maka akan lebih baiknya jika anda memahami dulu berbagai jenis kayu yang berkualitas terbaik. Inilah berbagai jenis kayu tersebut, seperti:

  • Kayu beech

Inilah salah satu jenis kayu solid yang keras, kuat dan juga berat. Penampilannya sering ditandai dengan warna lebih terang.

  • Kayu oak

Tidak butuh banyak pengenalan untuk jenis kayu oak. Sebab kayu tersebut sudah sering terdengar bahkan di telinga orang awam. Sifatnya keras, kuat dan juga tahan lama.

  • Kayu maple

Bahan ini memiliki karakteristik dasar kayu yang keras, berat dan anti lembap. Kayu ini bisa hadir hingga bertahun-tahun lamanya. Tentu saja tanpa mengalami banyak kerusakan yang berarti. Warna dari jenis kayu tersebut terang dan mudah dicat dengan warna lain sebagai variasi perabot rumah tangga.

  • Kayu pinus

Sering menjadi idola bagi pengrajin perabot. Hal ini karena harganya yang lumayan terjangkau. Penampilan jenis kayu tersebut umumnya terang dan mudah ditimpa dengan warna lainnya. Karena bobotnya agak ringan, otomatis kayu pinus tidak se tahan dan sekuat kayu maple maupun oak.

  • Kayu jati

Dengan kelas awet yang juara, kayu jati memang tahan terhadap jamur, cuaca dan air. Ini disebabkan karena kandungan minyak pada kayu yang cukup tinggi. Jadi kekuatannya sangat mendukung untuk dijadikan bahan perabot yang bernilai tinggi. Bahkan jenis kayu ini sering digunakan sebagai meja kantor.

  • Kayu merbau

Hanya sedikit di bawah kayu jati, kayu ini memiliki warna cokelat kemerahan. Sering dijadikan sebagai alternatif kedua setelah kayu jati. Baik itu dari tingkat kekerasan yang memadai dan juga daya tahan terhadap cuaca serta serangga. Jenis dari kayu ini di lirik untuk pengolahan perabot yang berkualitas. untuk segi harga memang terpaut sedikit dari kayu jati. Akan tetapi tetap cukup berpengaruh secara total.

  • Kayu mahoni

Kayu mahoni memang tampil dengan gaya natural dan klasik. Jenis kayu ini sering jadi bahan dasar mebel Jepara selain menggunakan kayu jati. Akan tetapi jika dibandingkan dengan kayu jati. Maka kayu mahoni ini umumnya lebih murah. Jadi menjadi alternatif mebel Jepara yang terjangkau harganya. Kayu mahoni ini memang tidak sekuat dan se tahan lama kayu jati. Meskipun begitu, kayu ini tetap kayu yang berkualitas terbaik.

Nah, itulah berbagai jenis kayu berkualitas terbaik yang sering digunakan untuk memproduksi furniture. Memang benar bahwa jenis dari kayu itu ada banyak dan bahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Beberapa ulasan kami diatas bisa anda jadikan sebagai rekomendasi maupun referensi jika ingin membuat furniture dari kayu.