5 Hal Yang Harus Diperhatikan Pengrajin Kayu Dalam Memilih Pernis Kayu

Pengrajin kayuFinishing natural kayu memang sangat identik dengan pernis atau yang biasa disebut dengan plitur. Bahan finishing tersebut tentu saja memperlihatkan keindahan dari kayu. Mulai dari warna sampai dengan seratnya. Pernis sudah digunakan sejak dulu. Bahan pembuatannya adalah resin, minyak dan juga solvent. Pernis memang memiliki solid content yang lebih tinggi. Dengan begitu baik untuk menangkal sinar UV yang akan merusak kayu tersebut. Ada banyak sekali penggunaan pernis untuk objek furniture luar ruangan. Proteksi tersebut bisa diberikan untuk kayu-kayu eksotis yang harganya mahal. Sangat penting untuk anda menghindari kerusakan pada kayu dengan finishing dari pernis. Tentu saja dengan cara aplikasi yang tepat. Gunakan jenis pernis kayu yang tepat. Hal ini disebabkan karena saat ini terdapat dua jenis pernis yang banyak beredar di pasaran.

Pengrajin kayu

Yuk Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Pernis Kayu

Saat anda ingin memilih pernis kayu, apapun merek dan juga bahan yang digunakan. Maka anda perlu mempertimbangkan beberapa penjelasan kami mengenai cara memilih pernis kayu ini. Tentu saja pertimbangan ini bertujuan untuk mendapatkan hasil finishing yang anda inginkan. Baik itu pernis solvent maupun water based memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Masing-masing memiliki kelebihan dan juga kekurangan bisa dipertimbangkan. Dari situ sudah terlihat manakah jenis pernis yang akan digunakan. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih pernis kayu.

  • Waktu yang dimiliki untuk pengecatan

Berapa jam waktu yang dimiliki untuk melakukan finishing. Jika anda hanya meluangkan sedikit waktu. Maka anda perlu memilih pernis kayu yang memiliki waktu cepat kering. Anda juga bisa memilih pernis terbaik. Yang bisa ditinggal dalam ruangan dan dapat mengering sendiri. Perhatikan juga peralatan yang digunakan untuk mengaplikasikan pernis pada kayu.

  • Furniture yang akan di finishing

Pertimbangkan pemilihan pernis sesuai dengan furniture yang akan di finishing. Apakah anda akan melakukan finishing pada furniture dalam ruangan maupun outdoor. Tidak semua pernis tersebut memiliki kemampuan terbaik untuk indoor. Karena biasanya pernis untuk outdoor memiliki tampilan kilap yang lebih tinggi. Bahkan lapisan coating lebih tebal.

  • Tampilan yang ingin didapatkan

Berbeda dengan melamin dan juga bahan finishing lainnya. Pernis ini memiliki tingkat kilap yang berbeda. Disebut sebagai sheen level, maka tingkat kilap tertinggi terdapat pada pernis kayu solvent based. Anda bisa mendapatkan tingkat high gloss. Sedangkan pernis kayu water based ini memiliki tingkat kilap gloss lebih rendah. Jika anda ingin memilih tampilan high gloss pertimbangkan lapisan coating.

  • Keamanan lingkungan

Tidak lupa mengenai keamanan lingkungan. Anda perlu memperhatikannya dengan baik-baik. Tentu anda tidak ingin terkena risiko kanker atau penyakit lainnya karena proses finishing tersebut bukan. Maka ini akan sangat tergantung dengan bahan finishing yang akan dipilih. Hal tersebut memang tidak hanya berlaku pada pemilihan pernis. Melainkan juga pada pemilihan cat kayu.  Pernis yang sekarang banyak digunakan karena dinilai lebih aman adalah pernis water based. Kandungan logam berat dan juga racun lainnya sangat dibatasi. Sehingga tidak akan menimbulkan polusi. Baik itu setelah finishing dan selama proses berlangsung.

Jadi itulah hal-hal penting yang perlu anda perhatikan saat memilih pernis kayu. Jangan sampai anda salah dalam memilih pernis kayu tersebut dan hasil pembuatannya tidak maksimal. Semoga artikel yang kami jelaskan diatas benar-benar bermanfaat untuk anda.